Jualan Jalan Jalan

Jangan Putus Asa Dalam Hal Akhirat

Artikel ini hanya untuk saya sendiri. Mohon pembaca blog belajar langsung dari ustadz atau kyai yang berkompeten

1. Allah Maha Pengampun

“Katakanlah,
“Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri,
janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah.
Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya.
Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang,”
(QS. Az Zumar: 53).

2. Memohon Ampunan
maka aku katakan kepada mereka:
Mohonlah ampun kepada Tuhanmu,
sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun
(QS Nuh Ayat 10)

3. Memohon Ampunan
Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya,
 kemudian ia mohon ampun kepada Allah,
niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
(QS An Nissa Ayat 10)

4. Memohon ampunan untuk dosa yang sama dan selalu terulang
“Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu berkata, saya mendengar
Rasulullah sallallahu’alaihi wa sallam bersabda:
“Sesungguhnya seorang hamba berdosa terkadang mengucapkan terjerumus dalam dosa maka dia mengatakan, ‘Wahai Tuhanku, saya berdosa. Terkadang mengatakan, ‘Saya terkena (dosa). Maka ampunilah daku. Tuhannya mengatakan, Apakah hambaKu mengetahui kalau punya Tuhan yang mengampuni dosa dan dibawanya. Maka saya ampuni hambaKu. Kemudian diam masyaallah (waktu yang tidak diketahui) kamudian ditimpa dosa atau terjerumus dalam dosa, maka dia mengatakan, ‘Saya terkena (dosa) lagi. Maka ampunilah daku. Tuhannya mengatakan, Apakah hambaKu mengetahui kalau punya Tuhan yang mengampuni dosa dan dibawanya. Maka saya ampuni hambaKu. Kemudian diam masyaallah (waktu yang tidak diketahui) kamudian ditimpa dosa atau terjerumus dalam dosa, mengatakan, ‘Saya terkena (dosa) lagi. Maka ampunilah daku. Tuhannya mengatakan, Apakah hambaKu mengetahui kalau punya Tuhan yang mengampuni dosa dan dibawanya. Maka saya ampuni hambaKu. Kemudian diam masyaallah (waktu yang tidak diketahui) kamudian ditimpa dosa atau terjerumus dalam dosa, Terkadang mengatakan, ‘Saya terkena (dosa). Maka ampunilah daku. Tuhannya mengatakan, Apakah hambaKu mengetahui kalau punya Tuhan yang mengampuni dosa dan dibawanya. Maka saya ampuni hambaKu. Tiga kali.. Al-Hadits. HR. Bukhori, 7507 dan Muslim, 2758.

5. Menangis karena takut kepada Allah
Tidak akan masuk neraka seseorang yang menangis karena merasa takut kepada Allah sampai susu [yang telah diperah] bisa masuk kembali ke tempat keluarnya.”
HR. Tirmidzi no. 1633

6. Perbuatan kebaikan menghapus perbuatan buruk
Dan dirikanlah shalat itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada sebahagian permulaan dari malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat.
(QS. Hud: 114)

7. "Dosa 100X Taubat 101X"

Ada seorang hamba yang berbuat dosa lalu ia berkata:
‘Ya Rabbi, aku telah berbuat dosa, ampunilah aku’.
Lalu Allah berfirman: ‘
Hambaku mengetahui bahwa ia memiliki Rabb yang mengampuni dosa’. Lalu dosanya diampuni.
Dan berjalanlah waktu,
lalu ia berbuat dosa lagi.
Ketika berbuat dosa lagi ia berkata: ‘
Ya Rabbi, aku telah berbuat dosa lagi, ampunilah aku’.
Lalu Allah berfirman: ‘
Hambaku mengetahui bahwa ia memiliki Rabb yang mengampuni dosa’. Lalu dosanya diampuni.
Dan berjalanlah waktu, lalu ia berbuat dosa lagi. Ketika berbuat dosa lagi ia berkata: ‘
Ya Rabbi, aku telah berbuat dosa lagi, ampunilah aku’.
Lalu Allah berfirman: ‘
Hambaku mengetahui bahwa ia memiliki Rabb yang mengampuni dosa’. Lalu dosanya diampuni.
Lalu Allah berfirman: ‘
Aku telah ampuni dosa hamba-Ku, maka hendaklah ia berbuat sesukanya’
(HR. Bukhari no. 7068).
Share:

Total Pageviews

Banyak Dibaca Minggu Ini

Foto Original

Foto Original


Cloud Label

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Label

sponsor

Artikel Terbaru

sponsor
sponsor

Untuk Saya Sendiri

sponsor