Jualan Jalan Jalan

Beda hotel dengan motel

Hotel Kata hotel berasal dari kata Perancis 'hôtel'. Hotel menyediakan jasa penginapan jangka panjang, makanan secara teratur, dan layanan-layanan lain. Hotel biasa dibangun bertujuan untuk menyediakan kenyamanan mewah untuk para wisatawan.

Hotel-hotel dilengkapi banyak kamar yang dapat memuat banyak orang dan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, hotel-hotel memiliki berbagai fasilitas yang berguna untuk menghibur tamu yang tinggal di hotel tersebut. Fasilitas-fasilitas tersebut termasuk seperti kolam berenang, spa, pertunjukan, dll.

Rencana pembangunan hotel berskala besar dan terdiri dari banyak lantai; dengan ruang terpisah yang disediakan untuk ruang konferensi, jamuan makan, pesta, gym, dan sebagainya. Arsitektur juga merupakan aspek yang signifikan karena kebanyakan hotel dibangun dengan budget/anggaran yang besar. Staff-staff yang bekerja di hotel sangat terampil, berjumlah banyak, dan dibagi-bagi menjadi berbagai departemen.

Motel
Kata motel merupakan gabungan dari kata 'motorist' dan 'hotel', kata ini masuk ke dalam kamus setelah perang dunia kedua.

Motel dirancang untuk pengendara motor yang perlu berhenti pada malam hari, dengan tempat parkir yang cukup luas untuk kendaraan mereka. Pada awalnya, motel terdiri atas satu bangunan dengan ruangan-ruangan yang berhubungan, dengan pintu-pintu menghadap ke tempat parkir.  Konsep motel berasal dari Amerika Serikat dengan berkembangnya sistem jalan raya. Terdapat kebutuhan untuk hotel yang lebih terjangkau dan dapat dengan mudah diakses untuk tinggal selama semalam saja. Motel dibangun sangat sederhana dan hanya menawarkan fasilitas-fasilitas dasar saja. Tamu disediakan ruang kamar dan makanan.
Motel tidak memiliki fasilitas-fasilitas mewah yang dapat ditemukan di hotel-hotel. Staff di motel biasanya hanyalah resepsionis dan beberapa pembantu(housekeeper) yang bertugas menangani pemeliharaan motel tersebut.

Beda hotel dengan motel
Bisa dikatakan bahwa hotel lebih bersifat mewah sedangkan motel lebih mementingkan kegunaannya. Hotel dapat menawarkan liburan/hiburan hanya dengan infrastruktur hotel tersebut sendiri, sedangkan motel hanya menawarkan akomodasi mendasar kepada orang-orang yang melakukan perjalanan jauh. Hotel-hotel dapat ditemukan pada daerah metropolitan, sedangkan motel-motel dapat ditemukan di pinggir jalan raya yang panjang.

Meski begitu, sekarang ini kedua kata tersebut memiliki arti yang berbeda-beda sesuai dengan negara masing-masing. Pada beberapa negara tertentu di Eropa, motel juga memiliki arti sebagai hotel dengan harga yang lebih terjangkau. Terkadang di negara-negara tertentu seperti contohnya India, sebuah restoran dapat disebut sebagai hotel.
Share:

Total Pageviews

Banyak Dibaca Minggu Ini

Foto Original

Foto Original


Cloud Label

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Label

sponsor

Artikel Terbaru

sponsor
sponsor

Untuk Saya Sendiri

sponsor